Bab 1 pendahuluan latar Belakang Penelitian




Yüklə 22.45 Kb.
tarix20.04.2016
ölçüsü22.45 Kb.


BAB 1

PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang Penelitian

Keberhasilan suatu perusahaan ditentukan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan menerapkan budaya organisasi. Organizational Culture atau budaya organisasi merupakan nilai-nilai yang diterapkan oleh suatu perusahaan yang menjadi identitas dari perusahaan itu sendiri. Budaya perusahaan hendaknya dipahami dan dijalankan oleh seluruh karyawan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Budaya yang kuat (Susanto, et al. 2008:41) dapat menjadi pengungkit dan pedoman perilaku bagi setiap warga organisasi, sehingga budaya perusahaan merupakan nilai perusahaan yang mampu mempengaruhi perilaku dan kinerja warga organisasi.

Budaya organisasi yang dibentuk, dikembangkan, diperkuat atau bahkan diubah, memerlukan praktik yang dapat membantu menyatukan nilai budaya anggota dengan nilai budaya organisasi. Praktik tersebut dapat dilakukan melalui sosialisasi dengan proses transformasi budaya organisasi. Sosialisasi organisasi merupakan serangkaian aktivitas yang secara berkala berdampak kepada penyesuaian aktivitas individual dan keberhasilan organisasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya sosialisasi yang baik. Salah satu tujuan sosialisasi adalah memperkenalkan nilai-nilai budaya organisasi sehingga diharapkan karyawan akan berperilaku sesuai dengan budaya organisasi.

Proses sosialisasi budaya pada umumnya membutuhkan waktu yang relatif lama dan diperlukan perhatian serius. Program sosialisasi diharapkan mampu memberikan gambaran secara tepat kepada karyawan tentang lingkungan pekerjaan dan budaya organisasi tempatnya bekerja. Untuk menciptakan proses sosialisasi yang benar diperlukan keterlibatan anggota, organisasi itu sendiri dan pemimpin yang dapat memberikan dukungan serta melakukan koordinasi yang tepat selama proses sosialisasi.

Budaya organisasi sudah banyak diterapkan oleh perusahaan besar sebagai landasan etika kerja karyawan di dalam lingkungan kerja suatu perusahaan. Salah satu perusahaan yang menanamkan nilai-nilai di dalam perusahaan yang menjadi pendukung terbentuknya interaksi, landasan dalam berperilaku dan sebagai salah satu sumber dari keunggulan bersaing dalam menghadapi lingkungan yang terus mengalami perubahan adalah PT Cakrawala Andalas Televisi atau biasa disebut ANTV. ANTV merupakan perusahaan Perseroan di bidang industri pertelevisian di Indonesia.

ANTV merupakan perusahaan yang bertumbuh dan akan terus bertumbuh (growing company). Terbukti pada tahun 2015, ANTV menyandang predikat sebagai stasiun televisi nomor 1 (satu) di Indonesia karena ANTV senantiasa menyajikan beragam tayangan hiburan yang berkualitas, menarik serta menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat Indonesia.

Visi ANTV dengan menjadi saluran televisi keluarga terbaik untuk seluruh keluarga Indonesia. Misi yang akan dilakukan oleh ANTV untuk dapat mencapai visi tersebut adalah sebagai berikut: Memberikan program-program berkualitas terbaik setiap anggota keluarga untuk mendukung pengembangan karakter Bangsa Indonesia dengan spirit kreatifitas dan inovasi kekuatan kerjasama tim dan tata kelola perusahaan.

Kemudian untuk mencapai Visi Perseroan dengan menjalankan Misi Perseroan tersebut, ANTV telah menyusun tata nilai yang menjadi panduan bagi karyawan dalam berinteraksi dan berperilaku. Tata nilai tersebut dibangun atas dasar tata empat nilai pokok yang diakui dan dikembangkan bersama, yakni Costumer Focus, Creativity Innovation, Teamwork dan Good Corporate Governance.

Secara rinci arti dan penjelasan maksud dari Tata Nilai Perseroan adalah sebagai berikut :



  1. C = Costumer Focus

Mengutamakan kebutuhan customer untuk memberikan yang terbaik dengan memperhatikan kepentingan perusahaan.

  1. C = Creativity Innovation

Semangat untuk menghasilkan hal-hal yang berbeda dan terus menerus melakukan perubahan yang bernilai ekonomis, sesuai dengan kepentingan perusahaan.

  1. T = Teamwork

Kekuatan kerjasama antar individu dalam suatu kelompok yang saling melengkapi melalui komunikasi yang terbuka dan memiliki komitmen yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. G = Good Corporate Governance

Suatu praktek pengelolaan Perusahaan secara amanah dan penuh kehati-hatian dengan mempertimbangkan keseimbangan pemangku kepentingan dari seluruh pemangku saham (stakeholder) (Sumber:Arsip Perusahaan 2013)

Keempat nilai inilah yang menjadi nilai-nilai inti perusahaan. Berdasarkan kondisi latar belakang tersebut dimana terdapat nilai-nilai yang menjadi landasan seluruh karyawan ANTV dalam berinteraksi dan berperilaku, maka ANTV harus berupaya mensosialisasikan tata nilai perusahaan tersebut secara terus-menerus kepada karyawan agar dapat dipahami dengan baik dan dapat di implementasikan serta menjadi landasan berperilaku guna mencapai visi dan misi perusahaan.

Proses yang mengadaptasikan karyawan dengan budaya perusahaan disebut sebagai proses sosialisasi. Proses sosialisasi ini dibutuhkan oleh setiap organisasi untuk mengenalkan karyawannya dengan budaya perusahaan. Sosialisasi yang efektif akan menghasilkan kepuasan kerja, komitmen organisasi, rasa percaya diri terhadap pekerjaan, mengurangi tekanan serta kemungkinan keluar dari pekerjaan. Dalam melakukan upaya sosialisasi CCTG sebagai nilai-nilai budaya organisasi, peran divisi Corporate Communications sangat dibutuhkan untuk dapat mensosialisasikan nilai-nilai budaya organisasi tersebut.

Pada PT Cakrawala Andalas Televisi, divisi Corporate Communications merupakan divisi yang melaksanakan fungsi Public Relations untuk bertanggung jawab menjalin hubungan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) baik internal maupun ekstenal perusahaan terutama dalam hal memelihara dan mengelola komunikasi yang baik serta bertugas membantu perusahaan untuk menjadi penghubung atau mediator dalam mengadaptasi nilai-nilai yang dimiliki sebagai budaya organisasi dengan seluruh lingkungan internal perusahaan dalam hal ini karyawan ANTV.

Dengan adanya Divisi Corporate Communications yang berperan dalam mensosialisasikan CCTG sebagai nilai-nilai organisasi kepada karyawan di PT Cakrawala Andalas Televisi maka akan menuntun seluruh karyawan ANTV untuk memahami nilai-nilai tersebut sehingga dapat dijadikan landasan dalam berinteraksi dan berperilaku yang akan menciptakan hubungan yang harmonis diantara karyawan. Sehingga mampu memperkuat budaya organisasi yang telah ditetapkan tersebut untuk mendukung tercapainya keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang.

1.2 Fokus Penelitian

Untuk membatasi hasil penelitian agar tidak melebar, maka peneliti memfokuskan penelitian ini pada Bagaimana peran divisi Corporate Communications dalam mensosialisasikan CCTG sebagai nilai organisasi karyawan PT Cakrawala Andalas Televisi?



    1. Pertanyaan Penelitian

Berdasarkan judul diatas, maka peneliti membuat pertanyaan penelitian sebagai berikut :

  1. Bagaimana divisi Corporate Communications menjalankan perannya dalam mensosialisasikan CCTG sebagai nilai organisasi karyawan di PT Cakrawala Andalas Televisi?

  2. Bagaimana karyawan memaknai CCTG sebagai nilai organisasi sebelum dilakukan sosialisasi oleh divisi Corporate Communications?

  3. Bagaimana karyawan memaknai CCTG sebagai nilai organisasi setelah dilakukan sosialisasi oleh divisi Corporate Communications?



    1. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan bagaimana divisi Corporate Communications menjalankan perannya dalam mensosialisasikan CCTG sebagai nilai organisasi karyawan di PT Cakrawala Andalas Televisi.

  2. Untuk mendeskripsikan bagaimana karyawan memaknai CCTG sebagai nilai organisasi sebelum dilakukan sosialisasi oleh divisi Corporate Communications.

  3. Untuk mendeskripsikan bagaimana karyawan memaknai CCTG sebagai nilai organisasi setelah dilakukan sosialisasi oleh divisi Corporate Communications.

1.4.2 Manfaat Penelitian

Manfaat Akademis :

Aspek akademis merupakan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan untuk itu penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat akademis yang bermuara pada pemberian kontribusi bagi pengembangan khasanah ilmu komunikasi, khususnya mengenai budaya organisasi.

Manfaat Praktis :



  1. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat bagi perusahaan untuk lebih memaksimalkan Divisi Corporate Communications dalam mensosialisasikan CCTG sebagai nilai-nilai organisasi kepada karyawan di PT Cakrawala Andalas Televisi.

  2. Bagi peneliti diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu proses pembelajaran guna menambah serta mengembangkan wawasan, pengalaman serta pengetahuan dalam memahami ilmu komunikasi beserta gejala-gejalanya yang ada di lapangan.

Manfaat Masyarakat/Umum :

  1. Bagi masyarakat/umum penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara umum mengenai bagaimana suatu sosialisasi yang harus dilakukan untuk mensosialisasikan nilai-nilai yang diterapkan di dalam perusahaan yakni CCTG sebagai nilai-nilai organisasi kepada karyawan di PT Cakrawala Andalas Televisi.

  2. Memberikan informasi mengenai pentingnya mengadaptasi suatu nilai-nilai yang terdapat di dalam sebuah perusahaan sebagai landasan dalam berinteraksi dengan seluruh karyawan dalam suatu perusahaan.



    1. Sistematika Penulisan

Untuk memberikan gambaran secara garis besar mengenai pembahasan disetiap bab dari skripsi ini, penulis telah membagi penulisan penelitian menjadi 5 bab :

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini berisi penjelasan tentang latar belakang penelitian, fokus penelitian, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian dan sistematika penulisan.



BAB 2 KAJIAN PUSTAKA

Pada bab ini menjelaskan landasan yang digunakan dalam penelitian, yang berisi penelitian sebelumnya, landasan konseptual dan kerangka pemikiran.



BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN

Bagian ini membahas mengenai metode yang digunakan dalam melakukan penelitian, seperti pendekatan penelitian, jenis penelitian, metode penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan teknik keabsahan data.



BAB 4 HASIL PENELITIAN

Bab ini mendeskripsikan hasil dari penelitian yang berisi gambaran obyek penelitian dan hasil penelitian dan pembahasan.



BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan bab terakhir sebagai penutup penelitian, yang berisi simpulan dan saran.





Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©azrefs.org 2016
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə